6 Cara Memilih Supplier yang Tepat

Memutuskan untuk memulai usaha dengan  berjualan pasti membutuhkan supplier. Anda tidak bisa sembarangan dalam memilih supplier agar usaha Anda berjalan dengan baik. Bagaimana cara memilih supplier yang tepat? Tentunya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Cara memilih supplier yang tepat

Pertimbangan Memilih Supplier

Ada beberapa faktor yang dapat Anda jadikan pertimbangan dalam mencari supplier yang tepat. Faktor-faktor tersebut antara lain:

1. Kualitas

Cara memilih supplier yang tepat yaitu dengan memperhatikan faktor kualitas. Kualitas menjadi kriteria supplier yang baik dan paling utama, karena dengan kualitas barang yang bagus tentunya akan mendatangkan konsumen yang banyak.

Kualitas barang juga akan berpengaruh terhadap kebertahanan usaha Anda. Dengan kualitas yang baik, tentunya usaha Anda akan bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Sehingga sangat penting untuk memilih supplier dengan kualitas barang yang baik.

Konsumen akan melakukan kembali pembelian barang di toko Anda jika mereka puas dengan kualitas barang yang mereka beli. Jangan mudah tergoda dengan harga murah, namun dengan kualitas yang buruk.

Anda harus ingat prinsip, ada harga, ada rupa. Sebaiknya Anda melakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap barang tersebut sebelum memutuskan untuk menjadikan supplier. Jika memungkinkan, sebaiknya Anda meminta sample barang terlebih dahulu kepada supplier.

2. Kuantitas

Anda harus memperhatikan kuantitas barang dari supplier. Hal ini akan berkaitan dengan seberapa besar supplier tersebut dapat memenuhi kebutuhan Anda. Jangan sampai Anda memilih supplier yang tidak bisa memenuh kebutuhan ketika ada pemesanan.

Permasalahan yang sering terjadi adalah beberapa supplier mengaku sanggup memenuhi permintaan, namun di tengah perjalanan ternyata mereka menyerah. Cari tahu dan pilihlah supplier yang mampu bertanggung jawab terhadap pemenuhan kebutuhan Anda.

Agar dapat memastikan pemenuhan kuantitas ini, Anda dapat melakukan tes sederhana dengan memesan beberapa barang dalam waktu singkat. Jika ternyata mereka kewalahan dalam memenuhi pesanan, maka jangan memilih mereka sebagai supplier Anda.

3. Konsistensi

Cara memilih supplier yang tepat yang tepat selanjutnya adalah dengan melihat konsistensi. Faktor ini akan sangat berpengaruh terhadap ketersediaan stok barang. Pastikan supplier tersebut dapat memenuhi kebutuhan Anda secara konsisten.

Jangan sampai di tengah perjalanan mereka tiba-tiba tidak mampu memenuhi barang yang Anda butuhkan. Hal ini tentu saja akan berpengaruh terhadap kredibilitas dari bisnis Anda. Konsumen tentu saja kan berpikir ulang jika ingin membeli barang kepada Anda.

Anda dapat mempelajari track record dari supplier agar terhindar dari masalah tersebut. Selain itu, Anda juga harus perhitungkan beberapa faktor yang mempengaruhi konsistensi, seperti jarak tempuh, sarana transportasi, serta prasarana yang dimiliki supplier.

4. Harga

Harga harus Anda jadikan pertimbangan. Meskipun telah memenuhi beberapa faktor dari cara memilih supplier yang tepat, namun jika harga yang diberikan terlalu tinggi, Anda harus memikirkan ulang. Harga akan berpengaruh terhadap usaha Anda.

Pastikan Anda mendapatkan harga terbaik dari supplier dan tentunya sesuai dengan kualitas barang. Sebaiknya Anda mencari tahu dan membandingkan harga-harga barang tersebut sebelum memutuskan memilih supplier untuk usaha Anda.

5. Pelajari Kebijakan Supplier

Mempelajari kebijakan supplier tentang pengembalian barang adalah salah satu cara memilih supplier yang tepat. Terkadang barang yang dikirim memiliki kerusakan, cacat, ataupun tidak sesuai dengan pesanan.

Jika terjadi masalah tersebut, Anda harus mengetahui cara pengembalian barang ke supplier. Cara tersebut dapat mencegah Anda mengalami kerugian di kemudian hari.

6. Layanan yang Cepat

Layanan yang cepat menjadi faktor penentu dalam pemilihan supplier. Terlebih bisnis yang dijalankan secara online. Semakin cepat layanan yang diberikan maka akan semakin lancar pula bisnis Anda.

Sebaiknya Anda melakukan uji coba terlebih dahulu terkait kecepatan layanan dari supplier. Selain itu, Anda juga dapat memperhatikan bagaimana supplier tersebut dalam merespon pelanggan.

Dalam pemilihan supplier yang tepat, tentunya Anda harus memilih supplier yang dapat memberikan layanan secara cepat dan baik.

Beberapa cara memilih supplier yang tepat tersebut harus Anda perhatikan dengan baik. Jika salah dalam memilih supplier akan sangat berpengaruh terhadap usaha Anda. Sebaliknya, jika Anda mendapatkan supplier yang tepat maka usaha Anda dapat berjalan lancar.

Jika Anda ingin belajar tentang bisnis dropship lain, pastikan update terus informasi di KeluargaDropship.com. Kami kupas tuntas mengenai dunia drupship untuk Anda!

Leave a Reply