Cara Menentukan Harga Jual Dropship Untuk Pemula

Tujuan utama dari berjualan adalah untuk mendapatkan keuntungan, termasuk ketika berjualan dengan sistem dropship. Tentunya Anda harus mengetahui cara menentukan harga jual dropship yang tepat agar keuntungan yang didapatkan bisa maksimal.

cara menentukan harga jual dropship

Alasan Pentingnya Menentukan Harga Jual

Harus diingat bahwa Anda tidak bisa semunya dalam menentukan harga jual hanya karena ingin mendapatkan untung yang besar. Berikut alasan pentingnya mengetahui cara menentukan harga jual dropship yang tepat:

  • Jika Anda memberikan harga yang terlalu tinggi maka akan berakibat pada berkurangnya penjualan. Jumlah konsumen otomatis berkurang karena berpikir toko Anda terlalu mahal.
  • Jika Anda memberikan harga terlalu murah tentunya konsumen akan senang berbelanja di toko Anda, namun margin penjualan Anda menjadi lebih rendah. Akibatnya Anda tidak bisa mendapatkan keuntungan.

Oleh karena itu, Anda harus mengetahui cara menghitung harga jual sehingga ada bisa mengambil keuntungan dropship ini.

Cara Menentukan Harga Jual Dropship

Ada beberapa cara menentukan harga jual dropship yang dapat Anda terapkan pada bisnis Anda. Cara-cara tersebut antara lain:

1. Harga Markup Tetap

Cara yang pertama ini adalah dengan menambahkan margin keuntungan dari harga asli produk sesuai dengan ketentuan yang Anda buat sendiri.

Misalnya, harga untuk dropship dari barang yang Anda jual Rp 100.000 dan Anda ingin mendapatkan keuntungan dengan markup 10%. Sehingga, jumlah yang harus ditambahkan adalah Rp 10.000. dengan Demikian harga barang yang Anda jual menjadi Rp 110.000.

2. Harga Markup Berjenjang

Strategi ini dengan menetapkan harga ketika Anda memiliki katalog produk yang bervariasi, mulai dari harga supplier bernilai rendah hingga tinggi. Tentu saja keuntungan terbesar akan didapatkan dari produk dengan harga rendah.

Contoh penentuan harga:

  • Produk dengan harga asli di bawah Rp 50.000 bisa di-markup hingga 50%.
  • Produk dengan harga asli di atas Rp 50.000 di-markup hangga 15%.

Dengan demikian, margin keuntungan terbesar bisa berasal dari barang dengan harga beli yang lebih rendah.

3. Manufacturer Suggested Retail Price (MSRP)

MSRP adalah harga eceran yang disarankan oleh produsen tempat Anda mengambil barang yang akan dijual untk dropship. Bila produsen menjualnya dengan harga Rp 10.000, maka Anda disarankan untuk menjualnya dengan harga yang sama.

Keunggulan memberikan harga MSRP pada bisnis dropship:

  • Tidak ada persaingan harga antara dropshipper dan toko lain.
  • Konsumen mendapatkan harga yang sama sehingga dapat membeli barang di mana saja.
  • Menjaga harga pasara, karena harga yang dijual akan stabil.

4. Strategi Psikologi untuk Menentukan Harga

Cara menentukan harga jual dropship ini yaitu dengan memainkan psikologis konsumen agar berpikir dan yakin bahwa barang yang Anda tawarkan lebih murah.

Misalnya, sebuah baju dijual dengan harga Rp 89.999 akan terkesan lebih murah dari pada Anda memberikan harga Rp 90.000 di barang tersebut. Padahal kedua angka tersebut memiliki nilai rupiah yang sama.

Banyak toko yang memberikan label harga dengan angka ganjil tersebut. Faktanya, cara ini berhasil mempengaruhi konsumen karena menganggap harga tersebut lebih murah.

5. Harga Diskon

Jika dilihat sekilas, banyak dropshipper yang memberikan diskon besar. Namun faktanya, harga tersebut dihitung dari penetapan harga tertinggi barang, sehingga meskipun memberikan potongan harga, para dropshipper tetap memiliki margin keuntungan.

Contohnya, MRSP suatu barang Rp 10.000 dan ingin memberikan diskon sebesar 10%. Maka Anda harus memasang harga awal Rp 13.000, setelah itu baru diberi diskon 10% agar tetap mendapatkan margin keuntungan.

6. Menyesuaikan Ongkos Kirim

Berjualan dengan sistem dropship sangat berpengaruh terhadap ongos kirim. Beberapa dropshipper akan menghitung biaya ongkos kirim diluar harga produk, sehingga perhitungannya jelas.

Namun, ada juga dropshipper yang telah memasukkan biaya ongkos kirim ke harga jual produk, kemudian menawarkan ‘gratis ongkir’. Cara menentukan harga jual dengan ongkir gratis ini akan lebih menarik konsumen karena mereka akan berpikir total pembelian barang tersebut lebih murah.

Dengan alasan pentingnya menentukan harga jual dan cara menentukan harga jual dropship dapat Anda jadikan pertimbangan untuk bisnis Anda. Sehingga Anda dapat memberikan harga terbaik bagi bisnis Anda serta bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis tersebut. Ingin belajar bisnis dropship lebih lanjut? Update terus informasi dari KeluargaDropship ya…

Leave a Reply