Panduan Lengkap Bisnis Dropship untuk Pemula

Panduan Lengkap Bisnis Dropship untuk Pemula – Bisnis yang sedang diminati oleh banyak pengusaha saat ini adalah bisnis online, baik dari pengusaha kecil, sedang berkembang sampai yang sudah besar. Dalam sistem bisnis online menawarkan berbagai kemudahan yang ditawarkan, sehingga banyak pembeli yang lebih sering membeli barang secara online daripada berbelanja secara langsung.

Dalam dunia bisnis online ada salah satu sistem yang berlaku yaitu dropship. Maraknya penjualan barang melalui internet menjadikan dropship mulai banyak bermunculan dan berkembang pesat.

Istilah dropship sudah tidak asing lagi bagi yang sudah lama berbisnis online, Namun bagi Anda yang baru mendengarnya berikut pembahasan mengenai bisnis dropship di bawah ini:

Apa Itu Bisnis Dropship?

Dropship adalah model bisnis di mana supplier yang akan mengirim produk atau pesanan Anda langsung ke pelanggan, yang sebelumnya telah Anda teruskan pesanan dari pelanggan ke suplier atau pedagang grosir.

Anda hanya perlu memajang photo produk dan tidak perlu melihat produk itu secara langsung atau menyentuh produk tersebut. Jika ada orang atau pelanggan yang tertarik untuk membeli Anda hanya perlu menghubungi supplier yang menyediakan produk tersebut pada gambar yang telah dipajang pada toko online Anda.

Bagaimana Cara Kerja Bisnis Dropship ?

Berikut perjalanan yang bisa mempermudah Anda untuk bisa memahami tentang bisnis dropship:

  • Pelanggan membeli produk dari dropshipper.
  • Dropshipper memesan produk kepada supplier.
  • Supplier mengirimkan produk kepada pelanggan.

cara-kerja-dropship

 

Apa Bedanya Dropshipper dengan Reseller?

Perbedaan antara dropshiper dengan reseller yaitu terletak pada stok barang. Reseller biasanya harus mempunyai modal untuk membeli barang  dan  melakukan stok barang.

Sedangkan untuk dropshipper, Anda tidak perlu mempunyai modal untuk bisa menyetok barang. Hanya dengan gambar dan spesifikasi produk saja, menjadi dropshiper bisa langsung menjual produk sehingga praktiknya lebih mudah untuk dijalankan.

 

Manfaat atau Keuntungan Usaha Dropship

Berikut beberapa keuntungan jika Anda menjalankan bisnis dropship:

Modal Kecil

Untuk menjalankan bisnis yang satu ini, Anda sebagai dropshipper tidak memerlukan untuk mencari modal yang besar. Anda juga tidak perlu memikirkan biaya sewa atau membeli tempat penyimpanan untuk barang atau produk-produk yang mau Anda jual.

Mudah dijalankan

Menjalankan bisnis pada era digital ini akan membuat hal itu jadi lebih mudah , meskipun Anda menjalankannya sendirian. Jika Anda sudah mempunyai foto produk dan juga keterangan lainnya yang di dapatkan dari supplier, Anda hanya tinggal upload dan masukkan ke media penjualan.

Setelah Itu hanya tinggal menunggu pelanggan yang akan membeli produk Anda. Benar-benar sangat mudah bukan?

Overhead Rendah

Anda tidak perlu menyewa ruang gudang karena tidak memiliki stok barang yang akan disimpan. Dan Anda juga tidak membutuhkan ruang seperti toko fisik pada umumnya. Anda hanya membutuhkan biaya untuk menjalankan situs web toko online Anda.

Resiko Rendah.

Jika barang tidak laku Anda tidak perlu khawatir karena Anda juga tidak akan mengeluarkan biaya untuk barang yang dijual pada toko online Anda karena bisnis dropship resikonya sangat rendah.

Lokasi dan Waktu Berjualan Fleksibel

Terkait dengan lokasi dan waktu, ini sudah pasti fleksibel. Aktivitas transaksi atau belanja dapat Anda jalankan yang bisa Anda atur sendiri, seperti waktu untuk Anda mulai membuka online store Anda dan sampai pukul berapa Anda membukanya.

Anda juga sebagai dropshipper bisa menjalankan bisnis di mana saja asalkan terdapat koneksi internet yang memadai dan juga lancar. Bila Anda merasa kewalahan dan tidak sanggup menangani banyaknya calon pembeli, Anda jangan sungkan untuk  meminta bantuan kepada teman atau keluarga.

 

manfaat-dropship

 

Waku yang Lebih Fleksibel

Berbeda dengan yang menjalankan bisnis secara offline, dengan Anda menjadi seorang dropshipper waktu bekerja Anda lebih fleksibel dan Anda tidak akan terlalu kelelahan.

Namun Anda bisa mengatur sendiri dan kembali kepada Anda kapan dan sampai batas mana kegiatan Anda dalam melayani para pelanggan. Jika Anda ingin waktu off atau libur di hari tertentu Anda bisa membuat pengumuman terlebih dahulu.

Kekurangan Bisnis Dropship

Sebelum memulai bisnis dropship ini walau terdengar menjanjikan, ada beberapa hal yang perlu Anda antisipasi, berikut diantaranya:

Persaingan Ketat

Anda harus tampil berbeda dari yang lain karena banyaknya orang yang menjalankan bisnis dropship ini. Banyak orang yang akan menjual produk atau dagangan yang sama karena ini adalah model bisnis yang dapat dijalankan dengan mudah.

Anda bisa memilih segmen yang sangat spesifik mengenai barang yang dijual untuk menghindari persaingan atau memilih barang yang unik namun masih memiliki banyak peminat.

Profit Kecil

Perang harga mungkin saja akan terjadi karena Anda akan berkompetisi dengan banyak vendor lainnya. Agar dapat membuat penawaran yang menarik untuk pelanggan, Anda harus menetapkan harga yang cukup rendah. Namun Anda dapat menyiasatinya  dengan menemukan niche produk yang persaingannya tidak begitu ketat.

 

kekurangan-bisnis-dropship

 

Supplier Bermasalah

Bisnis dropship Anda bisa saja mengalami kegagalan jika supplier yang dipilih tidak mempunyai kualitas yang baik. Reputasi And pun akan menjadi taruhan karena kesalahan yang dilakukan supplier, seperti pengiriman bermasalah, pengemasan buruk, respons yang lama atau yang lainnya.

Anda akan bertanggung jawab sepenuhnya atas kesalahan tersebut dan Inilah salah satu alasan mengapa Anda harus bijaksana dalam memilih suplier dengan lebih teliti.

Tidak Mengetahui Pasti Persediaan

Anda seringkali tidak mengetahui jumlah stok barang yang masih tersedia di suplier. Agar persediaan sama dengan jumlah di toko, Anda harus sering memastikan ketersediaan barang kepada supplier.

Bantuan Pelanggan

Jika terjadi suatu masalah Anda adalah orang yang berkomunikasi langsung dengan pelanggan dan harus bisa sabar mendengarkan keluhan mereka.

 

Cara Merintis Bisnis Dropship

Setelah Anda mengetahui apa itu bisnis dropship beserta keuntungan dan kekurangannya, sekarang saatnya Anda dapat memulai bisnis tersebut.

Mencari Ide Bisnis Dropship

Sebelum Anda terjun untuk memulai bisnis, Anda harus tahu barang atau produk apa yang akan dijual terlebih dulu. Akan berakibat buruk untuk ke depannya jika Anda memilih produk hanya berdasarkan keinginan Anda sendiri.

Pertama-tama, yang harus Anda lakukan adalah menentukan siapa yang akan menjadi target pasar. Anda bisa mencari tahu masalah yang mereka alami dan memilih produk yang bisa menawarkan solusinya. Sehingga, produk Anda akan dipandang bernilai oleh konsumen.

Anda perlu memastikan bisnis dropship produk yang akan ditawarkan akan membawa keuntungan, dan juga produk yang dipilih haruslah memiliki nilai baik untuk pembeli maupun penjual Dan memiliki prospek yang bagus ke depannya.

bisnis-dropship

Bisnis Dropship Wajib Memilih Supplier yang Tepat

Dalam pengecekan kualitas barang yang dikirim dan proses pengiriman barang, Anda sebagai seorang dropshipper tidak akan ikut campur dalam hal tersebut.

Jika ada keterlambatan atau hambatan maka Anda harus siap atau bahkan akan diminta pertanggungjawaban dari pembeli. Selain itu bila produk tidak sesuai dengan harapan pembeli Anda sebagai dropshipper bisa mendapat keluhan dan tanggapan negatif.

Oleh karena itu Anda harus selektif dalam memilih supplier yang terpercaya dan dapat diandalkan, juga mempunyai kualitas serta ketepatan rincian produknya. Sehingga  usaha Anda akan lancar dan bisa terhindar dari tanggapan negatif dan reputasi buruk.

Bisnis Dropship ini akan  bisa berjalan dengan baik jika dropshipper bekerjasama dengan supplier yang bisa menjamin kualitas pelayanannya. Berikut tips memilih supplier:

  • Memilih supplier dari wholesale atau grosiran. Karena untuk mendapatkan keuntungannya diambil dari banyaknya jumlah barang yang dijual dan tidak mengambil untung besar per barang yang dijual.
  • Memilih supplier yang memiliki sistem yang sudah jelas. Seperti proses pemesanan, pengecekan barang, konfirmasi pembelian, pengemasan dan pengiriman barang ke konsumen.
  • Memilih supplier yang mudah dihubungi. Namun mereka harus melayani banyak dropshipper lainnya sehingga tidak mau berlama-lama untutk menerima telepon atau chating dengan Anda.
  • Untuk data pengirim barang ke pembeli biasanya supplier akan menanyakan nama dropshipper dan nama toko online Anda. Ini diperlukan untuk menuliskannya di kemasan barang yang dikirim ke pelanggan.

Memulai Kerjasama dengan Supplier Bisnis Dropship dan Tentukan Harga Jual

Setelah Anda menemukan supplier yang tepat untuk bisnis dropship Anda tingggal melakukan tes atau menguji terlebih dahulu dengan melakukan pembelian, jika semuanya berjalan dengan lancar Anda bisa mulai menjalin hubungan dengan baik.

Anda bisa menanyakan ketentuan harganya kepada supplier, beberapa supplier ada yang mewajibkan dropshipper menjual produknya dengan harga yang sudah ditentukan. Hal ini bertujuan agar ada persaingan harga yang sehat dengan tidak menjatuhkan harga pasaran.

Biasanya keuntungan yang didapat sebagai dropshipper hanya berkisar 10-20% bagi suatu produk. Namun Anda bisa saja mendapat total penghasilan yang besar bila penjualan Anda bagus atau Anda rajin serta cerdas strategi bisnisnya,

Bisnis Dropshippper harus Menentukan Brand dan Mengkampanyekan Produk

Anda sebaiknya fokus pada satu sektor bisnis bagi Anda yang baru memulai bisnis dropship ini karena brand awareness Anda akan bagus atau bisa maksimal di mata pelanggan maupun calon customer.

Semakin beragam produk yang  dijual, Anda akan semakin sulit untuk memenangkan persaingan bisnis dropship karena mempunyai lebih banyak saingan dalam bisnis ini.

Jika Anda ingin menghasilkan pelanggan yang setia sebaiknya juga memperhatikan ketahanan dan kualitas produk yang Anda jual. Misalnya dengan transportasi  yang ditawarkan supplier, barang yang dijual bisa bertahan dengan kondisi pengiriman tersebut atau tidak dan juga hindari menjual produk yang sifatnya sementara trennya.

Selain itu pada setiap negara, termasuk Indonesia mempunyai regulasi hukum terkait pengiriman barang bisnis dropship. Anda dapat menghindari menjual produk yang sifatnya sensitif atau masih belum jelas secara regulasi hukumnya dan mencari tahu terlebih dahulu mana yank aman dan tidak.

Menangani Customer

Sebaiknya Anda bersikap ramah namun tampak tegas dalam menangani pelanggan. Bila memerlukan Anda bisa membuat terlebih dahulu syarat dan ketentuan khusus bagi pembeli.

Anda bisa mengimbau kepada para pelanggan sebelum melakukan pembelian untuk terlebih dahulu membaca rincian produk dan lain-lain. Anda juga bisa melakukan komunikasi yang lebih kuat untuk menutup transaksi kepada mereka.

Itu dia beberapa hal yang terkait dengan bisnis dropship yang mempunyai kelebihan dan kekurangan yang harus Anda ketahui. Bisnis droship yang dijalankan akan berhasil apabila Anda tekun dan berkomitmen penuh dalam menjalankannya.

 

Apakah Anda Ingin Memulai Bisnis Dropship dengan Supplier Terpercaya di Jakarta

JOIN KELUARGA DROPSHIP

Leave a Reply